Rabu, 11 April 2012

peranan mahasiswa dan pemuda untuk memajukan bangsa di era dulu dan era sekarang

Pada zaman dahulu sebelum kemerdekaan ditegakkan di negara kita, peranan para mahasiswa dan para pemuda Indonesia sangat penting untuk kemajuan bangsa. Khusunya untuk terselenggaranya kemerdekaan bangsa ini. Bahkan sampai setelah kemerdekaan negara kita dikumandangkan, para pemuda dan para mahasiswa tetap ikut serta dalam memajukan negara. Kepedulian mereka terhadap kondisi negara yang saat itu dalam masa penjajahan sangatlah tinggi demi kemajuan negara.
Tapi, Peranan para mahasiswa dan pemuda ini tidak semua membawa efek positif terhadap pandangan bangsa kedepannya, tapi ada juga beberapa kelompok pemuda yang membawa pandangan negatif. Tidak hanya kondisi para pemuda yang mendukung negara sendiri yang nampak, tapi juga terdapat beberapa kondisi dimana bangsa sendiri malah menjadi penyebab kerusuhan yang terjadi di negara ini.
Kita ambil contoh yang menimbulkan efek positif terlebih dahulu. Suatu hal yang sudah tidak asing lagi, yaitu dibentuknya sumpah pemuda. Sumpah pemuda ini menjadi sebuah contoh yang sangat baik untuk para pemuda bangsa Indonesia saat ini. Adanya sumpah pemuda menjadi sebuah bukti kesetiaan para pemuda Indonesia terhadap negaranya. Bukan hanya sekedar bukti kesetiaan, tapi juga bukti kebanggaan para bangsa Indonesia terhadap negaranya yang menjadi tanah air.
Para pemuda pada saat zaman tersebut juga turut ikut serta dalam kemajuan bangsa yang saat itu sedang naik turun keadaannya. Mempertahankan kemerdekaan dan membebaskan Indonesia dari penjajahan negara lain. Semua pemuda tak pandang yang berpendidikan formal ataupun tidak, mereka tetap memberikan partisipasi mereka tdemi tegaknya negara Indonesia.
Hal ini harusnya dapat dijadikan contoh bagi para pemuda saat ini. Kecintaan bangsa kepada negaranya harusnya semakin erat dan semakin tinggi rasa bangga yang tertanam pada jiwa-jiwa bangsa Indonesia terhadap negara sendiri. Tapi nyatanya pemuda saat ini sangat jarang sekali yang memiliki rasa tersebut. Para pemuda cenderung tidak lebih mencintai negaranya sendiri.
Ini dibuktikan dengan adanya para pemuda yang masih saja membanggakan negara lain, memakai produk-produk luar negeri, dan masih banyak lagi. Dan tenggelamnya sejarah negara kita ini juga menjadikan bukti bahwa kepedulian bangasa Indonesia terhadap negaranya sangat minim. Berapa banyak para pemuda saat ini yang hafal betul akan sejarah negara ini, pasti bisa dihitung jari berapa jumlahnya. Mereka justru lebih tertarik dengan perkembangan yang terjadi di negeri lain. Ini menimbulkan suatu kemunduran terhadap nergara kita ini.
Keadaan seperti ini sangatlah di sayangkan. Karena menyebabkan kemunduran negara. Padahal peranan para pemuda dan para mahasiswa sangatlah di butuhkan untuk kemajuan negara ini. Merekalah yang menjadi penerus bangsa. Mereka yang menjadi harapan negara kedepannya agar menjadi lebih cerah dan terang.
Meskipun pada zaman dahulu juga terdapat kerusuhan yang disebabkan oleh para pemuda, tapi di zaman sekarang sepetinya keadaan itu tidak berkurang, yang ada malah semakin bertambah.
Kita bisa melihat kejadian-kejadian yang sering terjadi di negara ini, contoh mudahnya seperti demo. Demo yang terjadi kebanyakan di pelopori oleh para pemuda atau mahasiswa. Mereka mungkin boleh saja melakukan aksi tersebut, asalkan aksi yang mereka tunjukan pada negara bisa menjadi suatu penyelesaian terhadap masalah yang sedang terjadi, bukan malah memperkeruh suasana.
Disinilah peranan mahasiswa dan para pemuda yang kenyataannya semakin menurun untuk kemajuan negara kita. Mereka harusnya bisa lebih memposisikan mana yang harus mereka lakukan mana yang tidak. Memikirkan kemajuan bangsa kedepannya, bukan hanya sekedar memenuhi nafsu dan emosi yang sedang meledak-ledak.
Para pemuda dan mahasiswa atau siapapun boleh saja memberikan aspirasinya demi kemajuan bangsa dan negara. Namun hendaknya mereka harus memilah-milih mana yang harus mereka lakukan agar dapat menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi di negara kita, bukan malah memperburuk keadaan.
Disinilah pentingnya peranan mahasiswa serta pemuda lainnya demi kemajuan negara. Membentuk suatu strategi yang bagus dan mantab untuk memajukan keadaan bangsa dan negara. Memperbaiki keadaan yang sedang tak karuan menjadi lebih baik. Mempelajari dengan seksama dan betul-betul diperdalam tentang sejarah negara sebelumnya. Karena suatu sejarah yang sudah terjadi bisa saja terulang kembali di masa sekarang. Dan itu bisa menjadi pelajaran yang sangat bagus, baik dalam segi menanggapi permasalahan yang datang dan cara penyelesaiannya. Semua itu dapat diraih dengan kunci menghargai sejarah negara yang ada. Lebih mencintai dan bangga dengan negara sendiri maka dari situlah para mahasiswa dan pemuda bisa lebih berperan dalam memajukan bangsa. Karena jika bukan para mahasiswa dan para pemuda yang yang menjadi penerus bangsa dan negara ini agar menjadi lebih maju, siapa lagi?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar